Memperindah Tampilan Model Kit dengan Cat


Krom Plastik - Mungkin disini banyak yang hobby dengan model kit, model kit ini sangat banyak macam nya. Mungkin banyak yang menggunakan model kit ini sebagai objek photography. Pasti suka kesal donk jika hasil jepretan pada model kit ini kurang memuaskan karena model kit yang memiliki warna atau detail yg kurang pas bagi kita, nah ada solusinya nih bagi para pecinta model kit, ya itu dengan cara mengecat model kit itu sendiri. Cat yang digunakan juga bukanlah sembarangan cat lohh, ada beberapa jenis cat yang dapat digunakan untuk model kit ini. Untuk lebih jelasnya saya akan menjelaskan beberapa cat yang dapat digunakan padamodel kit.





Cat Acrylic
Mungkin sudah banyak yang tahu tantang cat yang satu ini karena cat ini mudah dicari nya, selain itu Cat ini sering disebut cat water-based karena pengencernya menggunakan bahan dasar air atau dapat dicampur alkohol 70%. dibandingkan dengan lacquer, acrylic lebih aman bagi tubuh dan model kit. Namun seperti lacquer, cat ini juga cepat kering dan cocok untuk digunakan mengecat bagian besar model kit.


Cat Lacquer
Ciri utama cat ini yaitu baunya yang sangat menyengat. Hal itu dikarenakan cat lacquer menggunakansolvent organik. Dan penting untuk diketahui bahwa solvent lacquer ini dikategorikan masuk golongan gas syaraf. Jadi disarankan untuk anda agar menggunakan masker saat menggunakan cat jenis ini!
Solvent organik yang terdapat di dalam cat lacquer terkenal memiliki efek merusak body plastik model kit. Jadi sebelum menyemprotkan cat pada model kit, pastikan anda sudah melapisi cat primer terlebih dahulu.
Meski memiliki efek buruk bagi model kit dan penggunanya, cat lacquer cukup populer bagi para modeler. Alasannya adalah cat ini paling cepat kering diantara lainnya. Zat kimia yang terkandung pada cat juga membuat cat mampu mengikat kuat pada body model kit, sehingga memudahkan saat akan memoles setelah jadi. Cat ini juga memiliki partikel yang sangat kecil, sehingga dapat masuk ke sela – sela bagian model. Sangat baik untuk mengecat bagian detil atau part kecil pada model kit.



Cat Enamel
Cat enamel adalah cat yang solventnya menggunakan senyawa turunan bensin (minyak). Beberapa modeler mengatakan untuk mengencerkan enamel, kita dapat memanfaatkan minyak korek gas. Kelebihan dari cat ini adalah lebih aman bagi tubuh serta bagian model kit itu sendiri, karena bensin tidak dapat merusak plastik.
Tetapi cat enamel juga memiliki kelemahan, yaitu sulit kering dan cenderung memiliki hasil yang ‘tebal’. Hasil akhir pada bagian part yang di cat menggunakan enamel terlihat seperti lebih lembek dibanding lainnya. Cat ini membutuhkan waktu yang sangat lama untuk kering sepenuhnya, cat ini dapat  memakan waktu berminggu – minggu untuk kering. Namun jika sudah sangat kering, cat akan melekat kuat pada body part model kit.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memperindah Tampilan Model Kit dengan Cat"