Mie Merupakan Salah Satu Makanan Tertua Di Dunia


Apa yang anda pikirkan ketika pertama kali mendengar kalimat mie?? Pastinya anda akan membayangkan semangkuk mie instan dengan toping dan kuah yang lezat. Ya itulah gambaran mie yang bisa anda pikirkan singkat di dalam otak anda. Hampir selama 4000 tahun lalu, tepatnya di zaman Dinasti Han, kudapan mie telah di buat dan diresmikan menjadi kudapan tertua di dunia. Hanya saja hingga kini masih terjadi perdebatan apakah mie sesungguhnya di temukan oleh orang china atau timur tengah??

 

Di eropa sendiri sangat pantang menyebut mie sebagai kudapan, tetapi frase kata mie di ganti dengan Pasta. Ya, sebuah makanan yang terbuat dari tepung terigu dan di cetak sedemikian rupa seperti mi. Yang membedakan pasta dengan mie terletak pada bentuknya yang lurus dan lebih pendek namun lebih kenyal.

Di beberapa negera besar di dunia, mie merupakan symbol. Di China, mie di anggap sebagai symbol kehidupan yang panjang. Oleh karenanya yang namanya mie sudah harus wajib ada di dalam menu acara tradisional atau kegiatan keagamaan. Lain china lain pula Jepang, di negeri matahari terbit ini mie di anggap sebagai karya seni. Oleh karennya di jepang ada banyak macam jenis mie seperti ramen,udon, soba,dll 

Namun di zaman yang modern ini, para praktisi kuliner professional tidak lagi membagi mie dalam negara asal. Tapi, lebih kepada bahan baku umum pembuatan mie yang dapat ditemukan di negara-negara Asia di mana letaknya saling berdekatan. Contoh Dotori Guksu adalah mie Korea yang unik terbuat dari biji pohon ek yang di olah dengan  mesin mie khusus . Mengingat sejarah panjang makanan berbasis biji-bijian dan mie di Korea, kemungkinan mie ini telah dimakan selama beberapa milenium di Korea.

Di Indonesia sendiri ada banyak macam jenis makanan mie yang bisa anda nikmati. Salah satu contohnya adalah Mie Aceh. Mie kuning tebal dengan irisan daging sapi, daging kambing atau makanan laut (udang dan cumi) disajikan dalam sup sejenis kari yang gurih dan pedas. Mie Aceh tersedia dalam dua jenis, Mie Aceh Goreng (digoreng dan kering) dan Mie Aceh Kuah (sup). Biasanya ditaburi bawang goreng dan disajikan bersama emping, potongan bawang merah, mentimun, dan jeruk nipis. Soal rasa? Wah mie aceh cukup juara, rasa pedas dan rempahnya memang bikin lidah bergoyang cepat.

Nah jika sudah begini apakah anda masih ragu jika mie merupakan salah satu jenis makanan tertua di dunia?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mie Merupakan Salah Satu Makanan Tertua Di Dunia"