Pentingnya Kemasan Produk Sebagai Nilai Jual




Pentingnya Kemasan Produk Sebagai Nilai Jual



Kemasan produk adalah bungkus yang melindungi produk. Kemasan ini berfungsi untuk menjaga keutuhan isi produk. Kemasan erat kaitannya dengan makanan dan minuman. Apalagi jika Anda berbelanja ke pasar swalayan, yang paling banyak terpajang adalah makanan dan minuman terkemas. Entah itu makanan matang, mentah, atau buah.



Namun ternyata tidak hanya makanan dan minuman saja yang membutuhkan perlindungan. Produk lainya seperti peralatan sekolah, peralatan dapur, dan lain-lain juga membutuhkan perlindungan. Produk-produk tersebut akan lebih terjaga dari kerusakan. Produk yang terkemas akan memudahkan produsen saat pendistribusian. 

Saat barang tidak sengaja dibanting akan tetap menjaga keutuhan produk. Kemasan produk dapat meminimalisir terjadinya benyai pada barang. Apalagi jika Anda menggunakan bahan kemasan yang tepat sesuai dengan produk Anda. Khusus untuk produk selain makanan, pasti memiliki jenis kemasan produk yang berbeda. Kemasan produk lebih kuat dan terkadang memiliki sifat elastis. Karakteristik tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya goresan antarproduk. 

Meskipun sampai saat ini kemasan produk memiliki berbagai desain menarik, masih ada produsen yang mempertahankan kemasan polos tanpa sentuhan desain sedikit pun. Padahal, kemasan yang menariklah paling banyak dicari pelanggan. Kemasan yang menarik juga berfungsi sebagai media pemasaran.

Fungsi kemasan sebagai media pemasaran

1.      Konsumen akan bersedia membayar lebih mahal untuk penampilan dari kemasan yang lebih baik
2.      Kemasan produk juga akan membuat perusahaan dan brand image lebih dikenal cepat ke masyarakat luas 

3.      Kemasan dapat menjadi inspirasi kreator atau konsumen berinovasi yang dapat menguntungkan kedua belah pihak antara konsumen dan produsen

Kemasan Produk makanan dan kemasan minuman juga memiliki manfaat untuk konsumen lho. Melalui kemasan, konsumen bisa melihat spesifiasi dari produk. Misalnya produk susu, konsumen akan mengetahui informasi berapa usia yang cocok untuk memanfaatkan susu tersebut. Konsumen juga akan diberitahu takaran sendok susu per gelasnya. Dengan informasi tersebut, konsumen akan lebih tahu cara memanfaatkan susu sesuai takaran.

Selain itu, kemasan makanan biasanya juga menyajikan kandungan dalam produk. Konsumen yang kritis pasti akan memperhatikan kandungan, misalnya orang yang sedang melakukan diet. Setiap detail kandungan pun akan diperhatikan secara teliti. 

Begitu pula dengan produk bukan makanan, dapat kita ambil contoh spesifikasi pada kemasan handphone. Kemasan produk tersebut akan memberikan beberapa kelebihan dari handphone, seperti kamera, penyimpanan memori, kualitas musik dan video, dan sebagainya. Sangat bermanfaat bukan kelebihan-kelebihan tersebut dengan menggunakan kemasan?

Berdasarkan struktur isinya, kemasan dibagi menjadi tiga, yaitu kemasan primer; kemasan sekunder; dan kemasan tersier dan kuarter. Kemasan primer adalah bahan kemasan yang melapisi produk secara langsung, misalnya susu kaleng, botol minuman, dan lain-lain.

Kemasan sekunder memiliki fungsi melindungi kelompok kemasan lainnya. Misalnya, kotak karton untuk wadah susu kaleng, peti kayu sebagai wadah buah-buahan yang dibungkus. Sedangkan kemasan tersier dan kuarter kemasan yang ditujukan untuk menyimpan, pengiriman, atau identifikasi. Kemasan ini biasanya digunakan sebagai pelindung saat pengangkutan. 

Sedangkan berdasarkan frekuensi, kemasan terbagi menjadi tiga, yaitu kemasan sekali pakai, kemasan yang dapat dipakai berulang kali, dan kemasan yang tidak dibuang. Kemasan yang sekali pakai biasanya seperti bungkus plastik, karton dus, dan makanan kaleng. 

Kemasan yang dapat digunakan berulang kali seperti botol minuman dan botol kecap. Kemasan ini tidak dibuang konsumen, tetapi dikembalikan lagi ke agen atau distributor untuk dimanfaatkan ulang oleh pabrik. Sedangkan kemasan yang tidak dibuang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan di rumah. Misalnya, seperti kaleng biskuit, berbagai jenis botol, dan lain-lain.

Itu dia berbagai penjelasan mengenai kemasan produk. Sudah tahu dong pentingnya kemasan untuk produk kita? Bagi Anda seorang produsen, kembangkan terus desain menarik untuk penjualan produk yaa! Dijamin, produk Anda akan selalu dicari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pentingnya Kemasan Produk Sebagai Nilai Jual"