Tips Menyimpan Daging Sebelum Di Olah Dengan Mesin Giling Daging

Mesin Daging



Oke kali ini kita akan membahas sedikit gimana siy cara menyimpan daging sapi yang benar dan tepat. Seperti yang kita ketahui, daging sapi pada umumnya sangat sering di simpang dalam kondisi beku (Chilled), yang di dinginkan di dalam chiller dengan suhu antara 2 derajat hingga minus 2 derajat celcius. Selain Chilled, ada juga daging sapi beku yang di simpan dalam suhu minus 15 derajat celcius atau yang bisa di kategorikan dalam FroZen Meat. Apakah kedua daging tersebut berbeda?? Tidak, Sama saja hanya saja teknik penyimpananannya di dalam mesin daging yang berbeda. 



Untuk menyimpan daging dalam kondisi optimal, di sarankan anda memperhatikan betul kandungan air yang terdapat dalam tekstur daging. Ya, air merupakan salah satu zat yang bisa membuat daging beku menjadi busuk lebih awal. Mengapa? Banyak sekali orang yang salah kaprah ketika harus membersihkan daging dengan air kemudian menyimpannya kedalam kulkas / chiller. Hal tersebut (mencuci daging) sebenarnya tidak di anjurkan, karena air di percaya sebagai salah satu sumber pembusukan di karenakan dalam air terkandung kuman dan bakteri yang tidak bisa kita prediksi jumlahnya.

Oleh karena itu ada baiknya ketika anda ingin menyimpan daging kedalam chiller, sebaliknya anda perhatikan dulu kandungan airnya. Jangan menyimpan daging dalam kondisi “Berkeringat” ataupun basah, solusi mudah..anda bisa menggunakan kemasan yang anti / kedap udara. Plastik Vacuum di percaya dapat membuat daging menjadi lebih awet, hal ini sesuai dengan prinsip kerja mesin vacuum dimana udara yang ada dalam kemasan akan tersedot keluar. 

Hal ini akan membuat pertumbuhan bakteri / mikroba dalam daging menjadi terhambat karena kekurangan pasokan oksigen di dalam kemasan. Untuk meminimalisir pertumbuhan bakter yang meningkat di akibatkan proses pencucian dengan air. Anda bisa menggunakan bumbu masakan sebagai pelapis dari anti kuman. Membumbui sebelum disimpan juga ampuh bikin dagingmu lebih tahan lama di freezer dibanding daging mentah biasa. Kamu dapat membumbuinya dengan menggunakan kunyit, bawang, garam, dan gula atau bumbu sesuai masakan kamu nantinya 

Yang terakhir dari proses penyimpanan daging beku sebelum di olah oleh mesin giling daging adalah Suhu Freezer / Chiler yang tepat. Seperti yang kita bahas di awal, suhu ideal untuk menyimpan daging di dalam pendingin adalah 2 hingga minus 15 derajat di bawah nol. Hal ini akan membuat daging anda terlindung dari kuman. Karena pada suhu tersebut kuman sulit untuk berkembang biak, jadi efeknya daging lebih aman dan higienis

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menyimpan Daging Sebelum Di Olah Dengan Mesin Giling Daging"