Cara Pilih Tipe Server yang Cocok dengan Usaha Anda

Sewa Server MurahPada saat mulai merintis usaha startup jangan pernah meremehkan soal pemilihan jenis server yang nantinya akan Anda digunakan. Karena hal hal yang demikian bisa menjadi sebuah faktor utama yang menentukan keberhasilan bisnis Anda di masa yang akan datang. Menurut yang sepatutnya dipikirkan saat pertama kali sebelum pilih macam server adalah mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan diterapkan untuk kebutuhan high, menengah, atau hanya diterapkan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan pada awal, Anda kemudian baru dapat mempertimbangkan tipe server yang layak untuk bisnis  Anda.

Cara Pilih Tipe Server yang Cocok dengan Usaha Anda


Saat ini kebutuhannya, tipe server dibagi ke dalam empat kategori, merupakan Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kesanggupan dari masing-masing server ini? Mari Kita lihat lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga diketahui juga dengan nama entry level server. Server tipe ini lazim diaplikasikan dalam suatu jaringan yang memiliki jumlah computer atau client yang kecil, kira-kira untuk sepuluh hingga dua puluh computer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak digunakan karena bentuknya yang slim dan gampang dipasangkan pada rak server.
Macam server ini amat tepat untuk perusahaan skala kecil untuk diciptakan sentra data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan kapasitas pengguna computer antara 20 hingga seratus orang bisa memilih server model ini. Midrange server memiliki spek dan kesanggupan yang lebih baik jika dibandingkan server tipe entry level. Rata-rata midrange server sudah dilengkapi dengan cooling sistem dan suplai tenaga back up untuk menjaga server tetap menyala terus.

Midrange server dapat menangani sebagian tugas secara beriringan. Server ini sanggup melakukan sebagian tugas sekaligus, seperti mengatur jaringan, membatasi cara pembagian file, dan melakukan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekspansi sehingga mampu menampung lebih banyak data dikala perusahaan berkembang lebih besar. Beberapa, server macam ini menawarkan ekspansi untuk bagian prosesor, kapasitas penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Macam Blade server belum memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, meski demikian server macam ini mempunyai keistimewaan tersendiri jikalau diperbandingkan dengan jenis value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.
Tipe desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan model ini terkoneksi pada sebuah kabel yang dibentuk dengan sistem pararel. Oleh karena itu, server ini bisa menerapkan suplai daya, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Karena server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka apabila ada salah satu server yang tidak bisa berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Model server ini tepat untuk usaha kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, website informasi, dan website perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server ialah tipe server paling tinggi. Server ini bisa menciptakan kinerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server sanggup menampung lebih dari 1.000 pemakai yang bergantung kepada database yang sangat besar.
Server ini biasanya diterapkan oleh usaha besar, seperti jasa penerbangan, banking, instansi pemerintahan, supplier, stasiun TV, rumah sakit,dan penyedia game online.
Enterprise server umumnya dibentuk di dalam ruangan tertentu dengan bentuk seperti rak yang berisikan komputer. Server macam ini membutuhkan ruang yang cukup lega dengan cara pendinginan ruangan yang optimal supaya server bisa bekerja dengan bagus.

Kegagalan fungsi server, meskipun hanya satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang lumayan signifikan bagi usaha yang menggunakannya. Oleh sebab itu amat penting bagi Anda untuk memilih server yang bisa diandalkan setiap waktu.
Memilih server yang pas akan berdampak pada kinerja bisnis, sebaliknya kesalahan dalam menentukan server bisa berdampak buruk, bisa berupa server yang tidak dapat mengakomodasi pekerjaan pemakai atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa dipakai sehingga tidak efektif dalam hal pendanaan. Kesalahan ini mampu mengakibatkan usaha rugi dari sisi financial, kekeliruan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang kurang seputar server.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Pilih Tipe Server yang Cocok dengan Usaha Anda"